ADOPSI

Pengertian Adopsi

Pengangkatan Anak adalah suatu perbuatan hukum yang mengalihkan seorang anak dari lingkungan kekuasaan orangtua, wali yang sah atau orang lain yang bertanggung jawab atas perawatan, pendidikan, dan membesarkan anak tersebut ke dalam lingkungan keluarga orang tua angkat. (Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007)

Dasar Hukum

  1. Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang tentang Perlindungan Anak.
  2. PP No. 54 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Pengangkatan Anak.
  3. Peraturan Menteri Sosial RI Nomor 110/HUK/2009 tentang Persyaratan Pengangkatan Anak.
  4. Peraturan Jenderal Rehabilitasi Sosial Nomor 02 Tahun 2012 tentang Pedoman Teknis Prosedur Pengangkatan Anak.

Prinsip Pengangkatan Anak

  1. Pengangkatan Anak hanya dapat dilakukan untuk kepentingan terbaik bagi anak dilakukan berdasarkan adat kebiasaan setempat dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
  2. Pengangatan anak tidak memutuskan hubungan darah antara anak yang diangkat dengan dengan orangtua kandungnya.
  3. Calon Orang Tua Angkat harus seagama dengan agama yang dianut oleh Calon Anak Angkat.
  4. Dalam hal asal-usul anak yang tidak diketahui, maka agama anak disesuaikan agama mayoritas penduduk tempat ditemukannya anak tersebut.

Jenis Pengangkatan Anak

Antar Warga Negara Indonesia

(Domestic Adoption)

Pengangkatan anak antar Warga Negara Indonesia adalah pengangkatan anak Indonesia yang dilakukan oleh Warga Negara Indonesia (Domestik Adoption) terdiri dari:

  1. Pengangkatan Anak antar warga negara Indonesia melalui lembaga
    Pengangkatan anak ini termasuk pengangkatan anak secara tidak langsung, dan biasanya melalui yayasan atau lembaga yang telah ditunjuk oleh Gubernur.
  2. Pengangkatan Anak menurut hukum Adat
    Pengangkatan anak menurut hukum adat adalah Pengangkatan anak yang dilakukan menurut adat kebiasaan dalam satu lingkungan keluarga dan kerabat tertentu.
    Pengangkatan anak menurut hukum adat / kebiasaan meliputi :
    • Pengangkatan anak menurut hukum adat dilakukan dalam suatu masyarakat / komunitas adat, yang nyata-nyata masih di anut komunitas adat tersebut.
    • Pelaksanaan Pengangkatan anak disahkan tokoh atau fungsionaris adat.
    • Pengangkatan anak yang tidak disahkan Pengadilan Negeri, dicatatkan ke Dinas Sosial/Instansi Sosial provinsi/kabupaten/kota, dan catatan sipil kabupaten/ kota.
    • Pengangkatan anak tersebut dapat dimohonkan pengesahannya ke Pengadilan dengan mengacu pada syarat dan tata cara pengangkatan anak antar warga negara Indonesia (privat adoption).
  3. Pengangkatan Anak secara langsung (Privat Adoption)
    Pengangkatan anak secara privat, dilakukan antara calon orangtua angkat langsung dengan orangtua kandung/ wali/kerabat di pengadilan, dengan melampirkan persyaratan pengangkatan anak dan rekomendasi dari instansi sosial provinsi. Oleh sebab itu COTA harus membuat permohonan kepada Kepala Dinas/Instansi Sosial Provinsi setempat agar memperoleh rekomendasi pengangkatan anak, dan pekerja sosial Dinas/Instansi Sosial Provinsi harus melakukan kunjungan rumah ke COTA untuk memperoleh gambaran apakah COTA layak memperoleh rekomendasi dimaksud.
  4. Pengangkatan Anak oleh Orangtua Tunggal (Single Parent)
    Pengangkatan anak oleh orangtua tunggal merupakan pengangkatan anak yang dilakukan WNI terhadap anak WNI dimana calon orangtua angkat berstatus orangtua tunggal.

Antar Warga Negara Asing

(Intercountry Adoption)

Berdasarkan Peraturan Menteri Sosial Republik Indonesia No. 110/HUK/2009 Paragraf Ketiga tentang pengangkatan anak antara warga negara Indonesia dengan warga negara asing.

Pengangkatan anak antara warga negara Indonesia dengan warga negara asing adalah pengangkatan anak yang dilakukan oleh warga negara asing terhadap anak warga negara Indonesia atau Pengangkatan Anak Warga Negara Asing oleh Warga Negara Indonesia, yang dibagi menjadi :

    • Calon Orang Tua Angkat adalah Suami dan istri Warga Negara Asing
    • Salah Satu Calon Orang Tua Angkat Warga Negara Asing (Perkawinan campur).

Pelayanan Pengangkatan Anak

Pelayanan pengangkatan anak pada Yayasan Sayap Ibu, diselenggarakan melalui Yayasan Sayap Ibu Cabang Jakarta dan Yayasan Sayap Ibu Cabang Yogyakarta. Untuk mengetahui kriteria, tahapan prosedur dan proses pengangkatan anak, dapat menghubungi cabang yang bersangkutan.

YSI Cabang Jakarta

Jl. Barito II No.55, Kebayoran Baru
Jakarta Selatan 12130

Email : jakarta@yayasansayapibu.or.id
Phone : 021-722 1763
Fax : 021-722 1763

YSI Cabang Yogyakarta

Jl. Rajawali No.3, Pringwulung, Condongcatur
Depok – Sleman, D.I. Yogyakarta

Email : yogya@yayasansayapibu.or.id
Phone : 0274-514068
Phone : 0274-514068