21/04/2020

Selamat Hari Kartini

“Tidak ada sesuatu yang lebih menyenangkan, selain menimbulkan senyum di wajah orang lain, terutama wajah yang kita cintai.” – R.A Kartini

Kartini lahir pada tanggal 21 April 1879 di Mayong, Kabupaten Jepara. Lahir dari keluarga bangsawan Jawa, ayah Kartini Raden Mas Adipati Ario Sosroningrat merupakan seorang patih yang diangkat menjadi Bupati Jepara setelah Kartini lahir.

Perbedaan pandangan hidup antara R.A Kartini dengan orang tuanya tidak membuat sosoknya tumbuh menjadi anak yang keras kepala dan pembangkang. Kartini tetap menghormati keputusan kedua orang tuanya yang menyuruhnya untuk menikah daripada melanjutkan sekolah ke jenjang yang lebih tinggi.  Alih-alih membenci keputusan mereka, Kartini mencari jalan keluar demi mendapatkan akses pendidikan yang lebih baik. Rasa ingin tahu yang dimiliki Kartini sangat besar, ia tidak pernah puas dalam mempelajari suatu hal, ia selalu bertanya sampai rasa penasaran tersebut terpenuhi. Tidak jarang ia mengungkapkan isi hatinya dengan menulis surat untuk sahabat pena di Belanda dan kini surat-surat tersebut dibukukan dengan judul “Habis Gelap Terbitlah Terang“. 

Meski sosoknya telah tiada, kata-kata yang pernah terucap dan ditulis oleh R.A Kartini masih menjadi insipirasi bagi banyak wanita di Indonesia, bahkan dunia, hingga kini. 

Selamat Hari Kartini untuk seluruh wanita hebat di Indonesia.

Artikel Lainnya

Cabang DKI Jakarta

Cabang D.I. Yogyakarta

Cabang Banten

Cabang Jawa Timur