20/10/2020

Membangun Kreativitas Seni Pada Anak Berkebutuhan Khusus

Melalui Kreativitas seni dapat menjadi pengalaman belajar yang berharga bagi banyak anak berkebutuhan khusus, mengasah kreativitas anak berkebutuhan khusus sudah pasti berbeda dengan anak pada umumnya, para orangtua harus bisa menyesuaikan kreativitas seni apa yang bisa diterapakan agar anak  berkebutuhan khusus juga dapat ikut berpartisipasi didalamnya. Orangtua juga harus sadar bahwa anak – anak perlu dibimbing dan dibantu untuk membuat karya seninya. Berikut beberapa ide untuk memodifikasi atau menyesuaikan material bahan dan jenis kegiatan untuk anak berkebutuhan khusus.

  1. Dorong anak berkebutuhan khusus untuk berpartisipasi dalam kegiatan seni. Gunakan cara yang tepat untuk memberi tahu anak-anak jenis material bahan yang digunakan untuk membuat karya seni. Misalnya, orangtua mungkin perlu menggunakan bahasa isyarat dan mendemonstrasikan material bahannya kepada anak-anak dengan pendengaran terbatas, atau orangtua dapat membimbing  anak-anak dengan penglihatan terbatas untuk menyentuh material bahan karya seni saat sedang menjelaskannya.
  2. Pastikan material bahan bisa digunakan oleh semua anak, termasuk anak berkebutuhan khusus, Perhatikan di mana material bahan disimpan dan apakah anak-anak dengan gangguan motorik dapat menjangkaunya.
  3. Sesuaikan  material bahan karya seni dengan kemampuan anak. Misalnya, alih-alih menggunakan gunting yang mungkin tidak dapat dipegang oleh anak berkebutuhan khusus dengan baik, berikan tantangan motorik halus kepada anak-anak dengan potongan kertas yang sudah dipotong sebelumnya. Pertimbangkan untuk memberi anak gunting adaptif yang dapat dibuka dengan mudah, atau biarkan anak merobek kertasnya sendiri.
  4. Pujilah semua usaha anak untuk membuat sebuah karya seni. katakanlah “Kamu mengerjakan lukisan itu hanya dalam waktu 20 menit!” atau “Saya bangga dengan apa yang sudah kamu buat!” kata – kata tersebut akan membantu membangun kepercayaan diri dan kreativitas mereka.
  5. Jadilah kreatif. Karya seni yang sudah pernah dibuat sebelumnya atau karya seni yang memiliki arahan khusus tidak akan membantu anak-anak menjadi kreatif dan mungkin terlalu menantang bagi anak – anak berkebutuhan khusus tertentu. Berikan anak-anak material bahan karya seni yang mudah dan dapat dibuat dengan berbagai cara dan dorong anak – anak untuk menggunakan kemampuannya  menciptakan karya seni mereka sendiri.

Haruskah orangtua secara fisik membantu anak berkebutuhan khusus dalam gangguan motorik untuk membuat karya seni?

Anak – anak dengan gangguan motorik berat mungkin membutuhkan bantuan fisik untuk membuat karya seni. Saat membantu anak dalam membuat karya seni, pastikan untuk membiarkan mereka yang memimpin, berikanlah bantuan hanya saat diperlukan. Dorong anak untuk mencoba melakukannya sendiri terlebih dahulu. Tanyakan kepada anak apa yang ingin dia lakukan, material bahan apa yang ingin  digunakan dan bantuan seperti apa yang dibutuhkan. Konfirmasikan saat orangtua membantu anak untuk membuat karya seni apakah sudah sesuai dengan apa yang anak – anak inginkan.

Memodifikasi dan menyesuaikan karya seni bagi orangtua adalah cara penting untuk memasukkan anak-anak berkebutuhan khusus ke dalam program pengasuhan. Menciptakan karya seni adalah pengalaman yang berharga bagi semua anak dan harus bisa diterapkan juga bagi anak-anak berkebutuhan khusus seperti anak – anak pada umumnya yang sedang dalam masa pertumbuhan. Dengan modifikasi sederhana, orangtua dapat memastikan bahwa semua anak dapat menggunakan indra dan kreativitasnya untuk membuat kreativitas seni.

Sumber : childcareextension

Artikel Lainnya

Cabang DKI Jakarta

Cabang D.I. Yogyakarta

Cabang Banten

Cabang Jawa Timur